Petunjuk Penulisan

Contoh format

Petunjuk bagi (Calon) Penulis

Saintek ITM

    1. Artikel yang ditulis untuk Saintek ITM adalah hasil penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 point, dengan spasi ganda, diketik dalam kertas A4 dengan panjang maksimum 10 halaman, Pengiriman naskah dapat dilakukan dengan attachment e-mail ke alamat: jurnal@itm.ac.id atau melalui pautan (online).
    2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan sistematika artikel  adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta daftar  pustaka.
    3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata dan dicetak dengan huruf kapital ditengah-tengah dengan ukuran huruf 14 point.
    4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan dibawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
    5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang masing-masing abstrak 100-150 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
    6. Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paraghraf-paraghraf, dengan panjang 20-25% dari total panjang artikel.
    7. Metode berisi paparan dalam bentuk paraghraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengambilan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
    8. Hasil penelitian berisi uraian hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang uraian hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.
    9. Kesimpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan, disajikan dalam bentuk peragraf.
    10. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di SAINTEK disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
    1. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: untuk satu orang (Bacon, 2003: 47).; untuk dua orang (Leder dan Brono, 2005: 89); untuk lebih dua orang (Basuki, dkk., 2006: 123)
    2. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurut secara alfabetis atau abjad.

            Jurnal Ilmiah, Majalah, Prosiding:

Garside, J. dan John, M.R., 2001, “Velocity Voidage Relationships for Fluidization in Solid-Liquid Systems”, Ind. Eng. Chem. Process, hal. 206-213.

           

            Buku:

Anderson,R.V.; Molerus, O.; dan Dickson,V.D.,1999, Principle of Flowin  Disperse Systems, Edisi 1, Chapman Hall, London.

           

            Handbook:

Hovmand, S., 2005, “Fluidized Bed Drying”, in A.S. Mujumdar Ed. Handbook of Industrial Drying,  Edisi ke-2, Macel Dekker, New York, hal. 195-234.

           

            Disertasi, Tesis, Skripsi, Laporan Penelitian:

Setiawan, B., 2002, “Flow Patterns of Coal Water Moxture in an Agitated Tank”, Master Thesis, Tokyo Institute of Technology, Tokyo.

           

            Buku terjemahan:

Bacon, D.; Jacky, H.G., dan Rudof, N.P., 1998., Pengantar Termodinamika. Terjemahan oleh Arief Santoso, 1997. Usaha Nasional, Medan.

            Paten:

Primarck, H.S., 1992, “Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions”, U.S., Patent  No. 4,373,104.

            Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa, 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian, Jakarta.